twitter



WEBSITE

Apa Itu Website?
     Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponent atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi.

     Jadi definisi website secara sederhana adalah segala macam jenis informasi yang bisa di akses dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

Asal Mula Website atau sejarahnya?
     Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.
     Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.
     Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.
     Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).

Jenis - Jenis Website

Website Statis
     Website statis merupakan salah satu web yang tidak perlu harus mengaupdate mengenai isi yang terdapoat di dalamnya. Website ini biasanya di maintain o;leh beberapa orang yang menggunakan dengan beberapa software seperti notepad, dreamwever, Microsoft Frontpage dan lain sebagainya. Wbsiet ini biasany digunakan untuk profil sebuah perusahaan atau suatu lembaga atau yang biasa di sebut dengan website company profile.
     Bentuk – bentuk atau contoh dari website ini lainnya adalah terdapat pada contoh – contoh pemasaran situs web. Seperti halnya situs web klasik, situs ini memuat hanya dengan 5 halaman yang hadir dengan ketentuan – ketentuan yang sudah di atur. Macam – macam website ini berisi tentang informasi statis kepada para penggunannya dan memuat beberapa informasi perusahaan. Informasi – informasi yang dmuat dalam website tersebut diantaranya profil seperti produk dan layana yang ditampilkan dalam bentuk teks, foto, animasi, audio/video, dan menu interaktif dan navigasi lainnya.
     Situs dengan jenis dari macam macam website ini biasanya menampilkan informasi yang sama kepada semua pengunjung. Mirip dengan membagi-bagikan brosur dicetak untuk pelanggan atau klien, website statis umumnya akan memberikan konsisten, informasi standar untuk jangka waktu. Meskipun pemilik website dapat membuat update secara berkala, itu adalah proses manual untuk mengedit teks, foto dan konten lainnya dan mungkin memerlukan keterampilan dasar desain website dan software.
Singkatnya, pemilik situs tersebut tidak dapat egontrol informasi yang bis di tampilkannya secar sendiri. Hal ini dkarenakan pengaturan yang disediakan oleh situs website tersebut yang suah di atur sebelumnya.

Website Dinamis
     Web dinamis merupakan situs yang isinya terus d update secara berkala. Situs ini selalu mengupdate informasi dan kontennya secara berkala sehingga nformasi tersebut dapat di pastikan selalu baru. Dalam pengaupdatean informasi ini ditapung dengan menggunakan suatu database. Sehingga setiap kita meminta untuk menampilkan halaman informasi tertentu, maka informaqsi yang tampil setelah kita meminta informasi tersebut, merupakan informasi yang telah disimpan sebelumnya.
     Ciri khas dari website dinamis ini memiliki kode dinamis dalam halaman web nya. Kode ini terdiri dari bahasa pemograman aktif yang biasa kita jumpai ialah HTML statis. Sebuah situs web, akan memiliki sutau kode HTML tadi yang secara sendiri dibuat khusus untuk menunjukka alamat website tersebut. kode ini digunakan dalam membuta halaman web saja.
     Konten yang terdapat dalam salah satu dari macam  macam website ini ialah menampilkan konten yang polos. Konten ini yang sebelumnya disimpan dalam database akan ditampilkan secara dinamis berdasarkan kriteria tertentu yang dimiliki oleh konten informasi tersebut. konten pada website ini tentunya mengarah pada bagaimana pesan yang terdapat di dalamnya seperti misalnya, teks, gambar dan informasi lainnya yang biasa ditampilka dalam suatu halaman website. Dan lebih spesifiknya lagi, bagaimana perubahan dari isi halamn tersebut dalam setiap waktunya.
     Isi dari halaman  dari website – website pun bereda – beda tentunya berdasarkan kriteria yang dimuat dalam isi halaman web tersebut. seperti halnya website statis hanya bisa memuat informasi artikel yang ditentukan sebelumnya. Namun dalam website dinamis informasi yang ada dalam halaman website tersebut dapat beribah dan di isi dengan berbagai iformasi dengan sistem database. Dalam sistem database ini, tentunya para server bisa menentukan informasi yang ada dalam website tersebut bisa dtampilkan hari dan tangal tertentu.
     Dalam jenis website dinamis ini, tentunya informasi yang ada pada database tersebut akan secara otomatis diperbarui atau di update setiap tanggal yang telah ditentukan oleh server yang mengaturnya.

Pemanfaatan Website
     Di era teknologi informasi ini, internet tidak hanya dimanfaatkan untuk berkomunikasi jarak jauh, tetapi menjadi lahan baru untuk mencari penghasilan. Milyarder baru banyak bermunculan dari internet belakangan ini. Internet memang menawarkan peluang tidak terbatas untuk menambah penghasilan. Bahkan, menjadi sumber utama penghasilan itu sendiri.



.
.
.

Sumber :
http://tutorial-website.blogspot.com/2009/01/apa-sih-website-itu.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
http://www.maniacms.web.id/2012/02/macam-macam-situs.html



0 komentar:

Posting Komentar