E-Commerce
Pengertian E-Commerce atau definisi
e-commerce adalah kegiatan
komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis.
Kegiatan
e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang
berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online
(online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI),
dll.
E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, dll.
Selain
teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau
pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk
teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan
alat pembayaran untuk e-commerce ini.
Sejarah E-Commerce
Sejarah perkembangan E-commerce di dunia di
mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah
E-commerce. Internet mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika
berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute,
Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Mereka
menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain.
Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet – ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara bagian dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dipakai istilah “Internet”.
Istilah perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS).
WEB mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan bahwa e commerce akan menjadi sebuah sector ekonomi yang nantinya akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protocol HTTPS memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa mengembangkan situs web perdangan ini.
Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet – ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara bagian dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dipakai istilah “Internet”.
Istilah perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS).
WEB mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan bahwa e commerce akan menjadi sebuah sector ekonomi yang nantinya akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protocol HTTPS memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa mengembangkan situs web perdangan ini.
Jenis - Jenis E-Commerce
E-Commerce terdiri atas beberapa jenis, yaitu
sebagai berikut :
1. Collaborative Commerce (C-Commerce)
1. Collaborative Commerce (C-Commerce)
Kerjasama secara elektronik antara rekan
bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada
jalur penyediaan barang (supply Chain).
2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli
adalah individu.
3. Consumer-to-Business (C2B)
Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang
atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing
untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
4. Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
5. Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
Pada jenis ini, organisasi menggunakan
E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal
juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E).
6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada
masyarakat melalui teknologi ECommerce. Pemerintah juga dapat melakukan bisnis
dengan pemerintah lain (Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan
organisasi lain (Government-to-Business / G2B).
7. Mobile Commerce (m-Commerce)
7. Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan
tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk
akses internet.
Plus dan Minus E-Commerce
Kelebihan
e commerce :
-
Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang dapat
melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.
Kekurangan
e commerce :
-
Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau
no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.
Berikut ini adalah penerapan dari E-Commerce
Saya mengambil kaskus sebagai bahan analisis dari e-commerce http://www.kaskus.co.id/
Sejarah Kaskus
KASKUS didirikan pada
tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan
studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk
memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati
kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui
berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.
Di
tahun 2006 KASKUS terpaksa berubah domain dari .com menjadi .us karena
penyebaran virus Brontok yang menyerang situs-situs besar Indonesia termasuk
KASKUS. Sejak saat itulah alamat situs KASKUS berubah menjadi kaskus.us, yang
juga sekaligus mengartikan bahwa KASKUS adalah us atau kita.
Pada
tahun 2008, Andrew
Darwis dan Ken
Dean Lawadinata memutuskan
untuk mengelola KASKUS secara profesional. Situs KASKUS, personel &infrastuktur yang
terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini.
Di
Indonesia, kantor KASKUS pertama berlokasi di daerah Mangga Besar, yang dibantu
dengan 2 orang tenaga profesional. Dibawah naungan PT. Darta Media Indonesia,
langkah pertama yang dilakukan KASKUS adalah melakukan rebranding. Mematuhi UU
ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) yang berlaku dan
mendorong perilaku berinternet sehat, KASKUS mengambil langkah serius untuk
menutup dua forum kontroversial yaitu BB17 (Buka-Bukaan 17 Tahun) dan Fight
Club. Langkah tersebut diapresiasi baik oleh pengguna internet Indonesia, hal
ini ditandai dengan meningkat pesatnya member KASKUS hingga 300% dengan jumlah
member sebanyak 1,2 juta.
Di
tahun 2009, untuk mengimbangi kebutuhan akan hal ini, maka kantor KASKUS pindah
ke daerah Melawai. Disini tenaga profesional KASKUS bertambah hingga lebih dari
60 orang.
Sejak
tahun 2009, KASKUS menjadi pemain penting di ranah online Indonesia. KASKUS
menerima banyak penghargaan diantaranya “The Best Innovation in Marketing” dan
“The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest
Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. KASKUS dengan bangga
berada di peringkat 1 untuk kategori situs komunitas, dan merupakan situs lokal
nomor 1 di Indonesia, menurut Alexa.
Tahun
2011 KASKUS memulai kemitraannya dengan Global Digital Prima, sebuah perusahaan
Indonesia yang berfokus untuk mengembangkan industri digital dan konten lokal
Indonesia. Kemitraan ini mendorong pertumbuhan KASKUS yang lebih besar lagi,
baik dari sisi infrastuktur, tenaga profesional & jaringan bisnisnya dalam usaha menjadi
situs nomor 1 di Indonesia serta pemain global online di dunia. Mengimbangi
ekspansi, KASKUS pun memindahkan kantor utamanya ke Menara Palma di daerah
Kuningan dan menamakannya KASKUS Playground.
Sebagai
perusahaan yang besar karena penggunanya, KASKUS selalu berusaha untuk terus
meningkatkan kenyamanan Kaskuser. Tanggal 26 Mei 2012 menjadi saksi perjalanan
KASKUS dimana KASKUS kembali menggunakan alamat situs resmi kaskus.com dan kaskus.co.id,
ini dilakukan untuk kembali memperkuat citra KASKUS sebagai situs yang bervisi
global namun tetap memiliki identitas Indonesia.
Di
tahun 2012 KASKUS juga meluncurkan versi baru KASKUS 2.0 dimana terjadi
penyempurnaan pada tampilan, navigasi, fitur search, layanan Forum Jual Beli
(FJB), serta menambah server untuk mengakomodir kebutuhan member KASKUS yang
telah mencapai lebih dari 4,5 juta member.
Sistem Penjualan
Sistem Penjualan yang dipakai Website ini adalah
Penjualan Pre-Order dan Beberapa barang ready stock. Penjualannya adalah antara
Perusahaan terhadap customer (B2C). Pembayaran dilakukan melalui transaksi
antar bank.
Kelebihan
Kelebihan Website ini bergitu banyak, interface yang
bersahabat. Begitu banyak promo, diskon dan berbagai event dimiliki oleh
website ini. Menggunakan banyak bank untuk pembayaran sehingga memudahkan
customer. Barang yang ditawarkan begitu lengkap.Terdapat Hot-line di jam kerja
sehingga memudahkan customer yang kesulitan melakukan transaksi
Kekurangan
Kekurangan website ini adalah karena sistem penjualan ada
yang pre-order jadi butuh waktu untuk pengiriman barang.
Analisis grafik penjualan
Link :
12 Oktober 2017 pukul 08.43
naiss blog