twitter


Penduduk adalah orang yang menempati suatu wilayah, tumbuh dan berkembang di wilayah tersebut. Sedangkan masyarakat adalah sekumpulan orang yang mempunyai kebudayaan yang sama. Jadi kebudayaan merupakan suatu cerminan dari masyarakat yang sudah melekat selamanya.

Penduduk terdiri dari berbagai macam unsur, salah satunya adalah masyarakat. Masyarakat adalah suatu organisasi manusia yang saling berhubungan satu sama lain. Menurut Mc Iver pakarh sosiologi politik pernah mengatakan:”Manusia adalah makhluk yang dijerat oleh jaring – jaring yang dirajutnya sendiri”. Jaring – jaring itu adalah kebudayaan. Kebudayaan bahkan bukan hanya merupakan kekuatan dari luar diri manusia tetapi bisa tertanam dalam kepribadian individu. Dengan demikian kebudayaan merupakan kekuatan pembentuk pola sikap dan perilaku manusia dari luar dan dari dalam. Unsur paling sentral dalam suatu kebudayaan adalah nilai – nilai yang merupakan suatu konsepsi tentang apa yang benar atau salah, baik atau buruk serta indah atau jelek. Dari sistem nilai inilah kemudian tumbuh norma yang merupakan patokan atau rambu – rambu yang mengatur perilaku manusia di dalam masyarakat.

Dari uraian tersebut diatas jelas sekali bahwa kebudayaan merupakan suatu unsur paling dasar dari suatu masyarakat, sehingga sampai sekarang sebagian sosiolog dan antropolog masih menganut paham “cultural determinism” yaitu bahwa sikap, pola perilaku manusia dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaannya. Lawrence Harrison dalam bukunya “Culture Matters” menggambarkan bagaimana nilai – nilai budaya mempengaruhi kemajuan maupun kemunduran manusia. Contoh kasus tentang kebudayaan. Contoh pada tahun 1960 Ghana dan Korea Selatan memiliki kondisi ekonomi yang hampir sama. 30 Puluh tahun kemudian Korea telah menjadi negara maju, tetapi Ghana hampir tidak sama sekali mengalami kemajuan apapun. Ini di sebabkan bangsa korea memiliki nilai – nilai budaya tertentu seperti hemat, kerja keras, disiplin, dan rapih. Tapi semua ini tidak di miliki masyarakat Ghana.

Sumber :
http://ardiptamblang.blogspot.com/2011/03/klasifikasi-negara-menurut-mac-iver.html

0 komentar:

Posting Komentar